Rabu, 18 Januari 2012

TRIK BELAJAR EFEKTIF

A. Belajar Efektif
1. Pengertian Belajar Efektif
Belajar yang efektif adalah cara belajar yang dapat meraih tujuan yang ingin dicapai dari belajar itu sendiri. Misalnya seorang siswa belajar matematika dengan materi pokok operasi perkalian, jika siswa tersebut dapat melakukan operasi perkalian dan mampu menjawab soal yang ada dengan baik maka cara belajar siswa tersebut dikatakan efektif.
2. Persiapan Belajar Efektif
Agar belajar menjadi efektif, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, yaitu:
  1. Tumbuhkan motivasi untuk belajar. Motivasi belajar adalah kehendak yang mendorong seseorang melakukan kegiatan belajar untuk mencapai suatu tujuan. Untuk mengetahui sejauh mana motivasi belajar anda, dapat dipandu dengan pertanyaan berikut : mengapa saya harus belajar? Untuk apa saya belajar? Motivasi dapat tumbuh karena beberapa hal, misalnya karena termotivasi ingin mendapat nilai baik, rangking, hadiah, penghargaan atau memang keingintahuannya tentang suatu hal. Jika seorang siswa sudah memiliki motivasi maka ia akan mudah umtuk melakukan kegiatan belajar.
  2. Buatlah jadwal belajar yang rutin dan teratur. Alangkah baiknya jika belajar sedikit-sedikit tapi dilakukan secara rutin dan teratur daripada belajar secara banyak-banyak tapi tidak teratur. Unutk itu buatlah jadwal belajar dengan baik dan implementasikan setiap hari!.
  3. Siapkan fasilitas belajar seperti : tempat belajar, alat tulis, buku catatan, buku latihan dan buku pelajaran.
  4. Jaga stamina baik fisik atau psikis.
3. Mengembangkan sikap Positif terhadap Belajar
logo OSIS.JPGa. Yakin dapat berhasil dalam kegiatan belajar
b. Belajar menemukan atau mencari sesuatu.
c. Tidak berputus Asa

Tidak ada komentar :

Posting Komentar