Senin, 29 Juni 2015

Cloud Computing Gratis dengan Dropbox

Cloud Computing (Komputasi awan) adalah paradigma dimana semua layanan, aplikasi dll tersimpan secara permanen di internet dan tersimpan sementara pada komputer client ( desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain). kata 'cloud' atau 'awan'


digunakan sebagai metafora untuk internet, berdasarkan gambar awan yang digunakan di masa lalu untuk mewakili jaringan telepon dan kemudian untuk menggambarkan Internet dalam diagram jaringan komputer dan sebagai abstraksi dari kompleksnya infrastruktur yang digunakan. Menurut pemahaman saya komputasi awan bukanlah sebuah produk tetapi adalah layanan/aplikasi dll yang dihostkan seperti halnya (saas) software as a services, dimana client hanya membutuhkan sebuah interface untuk menjalankan layanan tsb, misalnya melalui web browser atau aplikasi desktop. 

Dropbox adalah sebuah layanan komputasi awan untuk penyimpanan file yang mendukung direct linking/hotlink, yaitu men-download langsung menuju ke file, berbeda dengan layanan penyimpan lainnya seperti rapidshare, fileserve dll. kelebihan dari Dropbox ini adalah mendukung Smart Client sehingga akan terjadi sinkronisasi file antara folder Dropbox yang ada di desktop dengan folder yang terdapat di internet, miri dengan aplikasi google Gears untuk sinkronisasi file pada google docs. Dropbox akan meminta untuk melakukan sinkronisasi file ketika komputer terkoneksi internet.

Install Dropbox

$ sudo dpkg - i dropbox.deb
  • Ikuti proses instalasi, kemudian anda akan diminta untuk membuat akun di http://www.dropbox.com.
  • Setelah instalasi maka akan ada folder Dropbox di directory home



  • Tanda Centang biru menunjukkan bahwa file-file Dropbox di dekstop sudah disinkronisasi dengan yang ada di internet (http://www.dropbox.com)
  • Kemudian akan terdapat icon Dropbox pada toollbar.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar